Pengertian Baja Ringan

Baja ringan adalah baja canai dingin yang keras yang diproses kembali komposisi atom dan molekulnya, sehingga menjadi baja yang lebih fleksibel. Baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara baja konvensional. Rangka atap baja ringan adalah rangka atap dengan bahan baja ringan 43,5 % Zinc, 50% Aluminium, dan 1,5% Silicon. Anti karat yang terkandung di baja ringan adalah unsur yang menyatukan dengan bahan dasar sebagai lapisan daya tahan 4 kali lipat dari lapisan pelindung seng biasa / Galvanis.

Sejak tahun 2000, material baja ringan digunakan sebagai rangka atap mulai dikenal di indonesia. Teknologi itu sendiri berasal dari australia sejak 20 tahun sebelumya dan sudah menjadi material umum untuk rangka atap. Di tahun 2005 penggunaan material rangka atap baja ringan mulai banyak diminati, karena langkanya material kayu dan ketertarikan masyarakat akan keunggulankeunggulan yang ditawarkan oleh material baja ringan tersebut, berikut gambar material, struktur dan sambungan baja ringan yang akan di jelaskan di gambar dibawah ini:

Baja Ringan


Cold formed steel structural members (rangka atap baja ringan) dibandingkan dengan material lainnya mempunyai keunggulan yang diuraikan sebagai berikut.
  • Berat relatif ringan.
  • Kekuatan (strength) dan kekakuan (stiffness) yang tinggi.
  • Mudah dalam fabrikasi dan produksi dalam jumlah besar.
  • Pembangunan dan pemasangan yang mudah dan cepat.
  • Keterlambatan pelaksanaan akibat cuaca dapat dieliminasi.
  • Tidak ada muai atau susut akibat perubahan cuaca.
  • Detailing yang lebih akurat.
  • Anti rayap dan tidak membusuk.
  • Kualitas yang merata (uniform).
  • Transportasi dan pemeliharaan ekonomis.
  • Tidak mudah terbakar.
  • Material dapat didaur ulang dan ramah lingkungan.

Cold formed steel structural members (rangka atap baja ringan) dibandingkan dengan material lainnya mempunyai kekurangan sebagai berikut :

  • Kerangka atap baja ringan tidak dapat diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk seperti jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon.
  • Karena strukturnya seperti jaring ini maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung, maka akan menyeret bagian lainnya.
  • Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dibentuk berbagai profil, konstruksi atap yang berbentuk bundar akan lebih mudah bila konstruksinya menggunakan rangka kayu.

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap baja ringan terbuat dari profil tipis (Coldn Formed Steel/Cold Rolled Steel). Ketebalan plat baja berkisar pada tebal minimum 0,55 mm BMT (Base Metal Thikness) hingga 3 mm BMT. Ketebalan Cold Rolled Stell (CRS) biasanya lebih tipis dibandingkan dengan baja yang diroll pada suhu tinggi (Hot Rolled Stell/HRS). CRS lebih ringan dibanding dengan HRS, dan CRS biasanya digunakan untuk rangka atap dan rangka dinding. Kuat tarik baja ringan bisa mencapai 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa, dengan jenis material yang umum digunakan adalah galvanized Z-22, galvalume AZ-100, Zincalume dan ZAM ZG-90.

Rangka Atap Baja Ringan


Rangka atap baja ringan merupakan alternatif untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada pada rangka atap konvensional dan sekaligus untuk menjawab kebutuhan konstruksi rangka atap masa depan. Kompetisi produk baja ringan dibagi menjadi tiga produk, antara lain:
  1. Kualitas tinggi : S***t Truss, C****aTruss, M***iTruss, K***pTruss, dan S******p.
  2. Kualitas sedang : I***oTruss, B***gTruss, S**rTruss, dan J**aTruss.
  3. Kualitas rendah : p****k truss tanpa merek, jual batangan.
Hitungan harga untuk analisa pekerjaan rangka atap baja ringan ditinjau dari tiga hal yaitu:
a. Volume bahan baja ringan
b. Bentang kuda – kuda
c. Jenis bahan penutup atap

Life time Expectation / Umur Rencana Rangka Atap Baja Ringan

Life time adalah umur rencana dari bahan suatu konstruksi dengan memikul beban maksimum yang bekerja atau diterima sesuai dengan perencanaan pembebanan. Life time expaction rangka atap baja ringan diukur berdasarkan life time bahan baja lapis ZINCALUM khususnya keausan terhadap korosi.

Life time expectation baja lapis ZINCALUM dari penelitian yang dilakukan di udara terbuka, dapat disimpulkan bahwa life time expactation baja ringan untuk daerah-daerah :
  • Rural atau daerah pegunungan adalah 100 tahun
  • Mild marine atau daerah tepi pantai (0-200 m) dari laut adalah 28 tahun.
Industrial marine atau daerah tepi pantai dan terdapat industri berat adalah 18 tahun. Server marine atau daerah tepi pantai yang sangat korosif (0-50 m) dari laut adalah 2,8 tahun.




Post a Comment

Previous Post Next Post