Kata pengantar merupakan bagian penting yang tak bisa terlewatkan dari sebuah skripsi. Karena skripsi akan dirasa memiliki kualitas baik dan lengkap bila disertai dengan ucapan kata pengantar didalamnya dari penulis yang telah membuat skripsi tersebut. Kata pengantar tesis selalu disisipkan sebelum pada topik pembahasan. Dengan adanya kata pengantar, membantu pembaca mengetahui sedikitnya topik dari pembahasan yang dikerjakan dalam skripsi tersebut.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Jelas kata pengantar harus ditulis dengan baik. Secara pribadi, saya pikir sangat penting karena penulis tidak pernah tahu di mulai dari mana pembaca akan mulai membaca. Kata pengantar juga biasanya berisi kalimat yang memberikan ucapan terima kasih dan penulis berusaha membuatnya menarik, untuk memberikan mereka konten.
Ini Contoh Kata Pengantar pada skripsi :


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaiakan skripsi yang berjudul "PENGGUNAAANMETODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT SEBAGAI SUATU ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS GEOGRAFI PADA POKOK BAHASAN UNSUR FISIK WILAYAH INDONESIA KELAS V111 B SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007." untuk memenuhi sebagian persyaratan mendapatkan gelar Sarjana pendidikan.

Banyak hambatan yang menimbulkan kesulitan dalam menyelesaikan penulisan skripsi ini, namun berkat bantuan berbagai pihak akhirnya kesulitan yang timbul dapat teratasi. Untuk itu dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan terimakasih kepada :

  1. Bapak Dr.Trisno Martono, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 
  2. Bapak Drs. Wakino, MS, Ketua Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  3. Bapak Drs. Partoso Hadi, M.Si  Ketua Program Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
  4. dst
Penulis menyadari bahwa penulisan skripsi ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran sangat penulis harapkan demi perbaikan dan kesempurnaan skripsi ini. Akhirnya penulis berharap semoga karya ini bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.


Surakarta,      Mei 2007



Penulis

Memang sebagian orang berpendapat tidak penting membaca kata pengantar dan sebagian yang lain mengatakan itu penting karena ini adalah hal pertama yang dilihat pembaca. Jelas kata pengantar harus ditulis dengan baik. Secara pribadi, saya pikir sangat penting karena penulis tidak pernah tahu di mulai dari mana pembaca akan mulai membaca. Kata pengantar juga biasanya berisi kalimat yang memberikan ucapan terima kasih dan penulis berusaha membuatnya menarik, untuk memberikan mereka konten.

Kata pengantar juga bisa ditulis oleh seseorang yang bukan dari penulis atau editor, biasanya seseorang tokoh atau ahli yang terkemuka , dan sering kita jumpai pada halaman judul buku yang menuliskan «Kata Pengantar oleh Prof. Dr. XYZ», idealnya atau biasanya kata pengantar hanya satu atau dua halaman nama penulis kata pengantar biasanya muncul di akhir kata pengantar. 

Post a Comment

Previous Post Next Post