Economic Calendar : Sunday Oct 26, 18:00 (GMT +7) ==> EBA Bank Stress Test Results, ECB Stress Test Results. (European Monetary Union)

DEFINISI BANK STRESS TEST

Bank Stress Test adalah sebuah analisis yang dilakukan di bawah skenario ekonomi yang tidak menguntungkan yang dirancang untuk menentukan apakah bank memiliki modal yang cukup untuk menahan dampak dari perkembangan yang merugikan. Stress test baik dapat dilakukan secara internal oleh bank sebagai bagian dari manajemen risiko mereka sendiri, atau dengan otoritas pengawas sebagai bagian dari pengawasan peraturan dari sektor perbankan. Tes ini dimaksudkan untuk mendeteksi titik-titik lemah dalam sistem perbankan pada tahap awal, sehingga tindakan pencegahan dapat diambil oleh bank dan regulator.

Stress test fokus pada risiko beberapa kunci - seperti risiko kredit, risiko pasar, dan risiko likuiditas - untuk kesehatan keuangan bank dalam situasi krisis. Hasil stress test tergantung pada asumsi yang dibuat dalam berbagai skenario ekonomi, yang digambarkan oleh Dana Moneter Internasional sebagai "tidak mungkin tapi masuk akal." Stress test Bank menarik banyak perhatian di tahun 2009, karena krisis keuangan global terburuk sejak Depresi Besar meninggalkan banyak bank dan lembaga keuangan sangat kekurangan dikapitalisasi.

Post a Comment

Previous Post Next Post